Senin, 24 Mei 2010

Menghilangkan bau sepatu tidak sedap


Bau sepatu yang tidak sedap tentu sangat menggangu penampilan selain itu hal ini juga bisa membuat kita di jauhi oleh teman-teman kita. Bau sepatu muncul dikarenakan kurang adanya perawatan dari pemiliknya. Kebersihan kaki juga turut menjadi penyebab timbulnya bau.Dalam sehari, satu kaki dapat memproduksi lebih dari satu pint (sekitar 568 ml) keringat! Keringat itu sendiri sebenarnya merupakan campuran air dan garam, sehingga tidak memiliki bau tertentu. Bau itu disebabkan oleh bakteri pada kulit yang memakan keringat dan membuang kotoran yang memiliki hawa atau bau yang kuat.
Ada beberapa solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi bau sepatu :

  1. Jika sepatu yang bau bisa di cuci dan diberi pemutih, gunakan pemutih tersebut untuk mencuci. Jika sepatu itu berwarna dan tidak bisa diberi pemutih, gunakan campuran deterjen dan baking soda untuk mencuci sepatu tersebut. Jika Anda mencuci dengan mesin, gunakan putaran mesin yang paling kencang untuk mencuci sepatu.
  2. Untuk sepatu yang tidak bisa dicuci, taburi bedak bayi di dalam bagian sepatu untuk menghilangkan baunya. Namun yang perlu diingat, taburi bedak itu 24 jam sebelum Anda memakai sepatu. Hal iu berguna untukk menyerap bau di dalam sepatu yang akan dipakai.
  3. Saat bau sepatu sudah hilang, kini yang harus Anda lakukan adalah mencegah bau itu kembali timbul. Usahakan bagian dalam sepatu itu terhindar dari kelembaban. Gunakan silica gel saat menyimpan sepatu agar bagian dalamnya tetap kering.
  4. Anda juga bisa menggunakan pewangi di dalam sepatu, atau menyemprotnya dengan pewangi setelah digunakan.
  5. Simpanlah Sepatu di tempat yang dingin selama semalam sambil dibungkus dengan Koran sampe rapat. Koran itu akan menyerap bau yang ada dalam sepatu.
  6. Bisa juga pake kopi yang dibungkus dengan tisu, masukkan aja kedalam sepatu.
  7. Memasukkan baking soda secukupnya kedalam sepatu dan biarkan selama satu malam. keesokannya sedot baking soda dengan menggunakan penyedot karpet, tetapi jika tidak ada, sepatu dapat dibersihkan dengan cara manual seperti dibentur-benturkan ke lantai untuk menghilangkan serbuk soda, dan sebagai tahap penyelesaian akhir dapat dilakukan dengan menggunakan sikat gigi bekas yang kering.
  8. Gunakan bedak untuk menghilangkan bau pada sepatu. Usahakan taburi bedak 24 jam sebelum Anda memakai sepatu
  9. Jaga sepatu agar tidak lembab. Caranya lakukan pencucian minimal satu kali sekali dalam seminggu. Jika basah, segera jemur sampai kering. Lembab dapat memacu bakteri muncul dan menimbulkan bau yang tidak sedap
  10. Masukkan kapur barus kedalam sepatu cara ini menurut saya adalah cara yang paling mudah dan efektif. Serta jangan menyimpan kaos di dalam sepatu!

dari berbagai sumber